Blog

PERHITUNGAN JAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Salam Bahagia !

Bapak/Ibu Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Wakasek, dan guru-guru masih banyak yang masih bingung dalam menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah. Hal inipun dikuatkan oleh pengamatan kami saat melakukan kunjungan kesekolah- sekolah binaan, bagaimana sih sebenarnya melakukan dan membagikan waktunya, serta bagaimana melaksanakan projek tersebut?

Baiklah pada kesempatan ini admin akan berbagi pengalaman hasil pengamatan, pelatihan PKP, diskusi, dan setelah membaca buku panduan P5 tersebut. Pertama sekali Bapak/Ibu harus mengetahui bahwa P5 adalah kegiatan kokurikuler yang mendukung kegiatan intrakurikuler. Jam Pelajaran (JP) Kokurikuler P5 itu diambil dari Jam Pelajaran (JP) Intrakurikuler yang kisarannya 20%-33,3%, namun saran admin agar sekolah mengambil batasan yang paling atas yaitu 33,3% atau 1/3.

Perlu diketahui bahwa ada 36 minggu efektif dalam 1 tahun ajaran sehingga jumlah JP Projek yang harus disediakan adalah 1/3 dikalikan 36 minggu efektif, yaitu 12 minggu efektif dalam 1 tahun ajaran. Karena kelas X harus melaksanakan/memilih 3 Tema Projek dari 7 Tema Projek yang disediakan pemerintah, maka 12 minggu efektif yang 1 tahun tersebut dibagi menjadi 3 bagian, sehingga setiap 1 Tema Projek memerlukan waktu sebanyak 4 minggu efektif.

1 minggu efektif ini biasanya terdiri atas 44 JP s.d. 46 JP yang terdapat pada roster pembagian Jam Pelajaran di sekolah yang telah di atur oleh Wakasek Kurikulum/PKS-1/WKS-1. Ini berarti bahwa setiap 1 tema projek harus dilaksanakan sebanyak 4 minggu x 44 JP = 176 JP. Sebenarnya setiap sekolah dapat membreak down tema menjadi beberapa topik (1-3 topik), namun harus disesuaikan dengan kemampuan SDM, Sarpras dan Karakteristik sekolah.

Sekolah sebaiknya melaksanakan projek dengan memilih waktu pelaksanaan yang tepat sesuai kebutuhannya. Ada yang menggunakan sistem blok dengan melaksanakan kegiatan tersebut dengan memblocking 1 bulan ( 4 minggu) utk 1 tema projek, namun hal ini akan membuat peserta didik/murid blank dan sepertinya akan melupakan seluruh kegiatan intrakurikuler yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

Saran kami sebagai admin sebaiknya sekolah menyediakan waktu/memblok setiap hari Jumat dan Sabtu untuk melaksanakan P5 untuk tema 1 dan selain itu juga sekolah boleh boleh memblok 2 hari lainnya untuk tema-tema berikutnya sesuai kebutuhan Projek sehingga WKS-1/PKS-1 tidak tersita waktunya untuk memanage roster. Waktu Pelaksanaan Setiap tema mulai dari persiapan/perencanaan, pelaksanaan sampai dengan waktu campaign / kampanye/ pagelaran /pementasan/pameran sebaiknya dilaksanakan selama 4 bulan sehingga peserta didik memiliki pemahaman bermakna di dalam merancang suatu projek.

Demikian dulu yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Pengawas Sekolah, Kepsek, dan Guru di sekolah. Salam Sukses Selalu !

Baca Juga:

MERANCANG PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PSP TAHUN 2022

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP), TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

DOWNLOAD MATERI LENGKAP TENTANG KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022

Modul Ajar Kurikulum Sekolah Penggerak Edisi Revisi Beserta Contoh Lengkap (SD/SMP/SMA)

SOAL PRE TEST/POST TEST PENGUATAN KOMITE PEMBELAJARAN (PKP) SEKOLAH PENGGERAK TAHUN 2022

Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun 2022

Penyiapan Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Penerapan Kurikulum Prototipe

PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP)

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) PADA KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK

CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP)

KURIKULUM PROTOTIPE UNTUK MEMBANTU PEMULIHAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM PROTOTYPE, SEBUAH HARAPAN BARU PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN

KUMPULAN RPP 1 LEMBAR MERDEKA BELAJAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 LENGKAP

Program Sekolah Penggerak (PSP) Kemdikbud Tahun 2021

KURIKULUM DI MASA PANDEMI COVID 19

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP)

MODUL AJAR SEKOLAH PENGGERAK

Program Sekolah Penggerak (PSP) Tahun 2021 -Terciptanya Pelajar Pancasila

TANYA JAWAB SEPUTAR PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP)

KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP)

Profil Pelajar Pancasila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.