0

INSTRUMEN PENGAWAS SEKOLAH 2020

Pengawasan adalah proses atau kegiatan melihat dengan cermat apakah pelaksanaan program (yang terjadi) dalam sebuah organisasi/lembaga/ proyek sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi. Pengawasan terdiri atas empat langkah, yaitu: (1) menetapkan suatu kriteria atau standar, (2)mengukur/menilai kinerja (performance) yang sedang atau sudah dilakukan, (3)membandingkan kinerja dengan standar yang ditetapkan dan menetapkan perbedaannya jikaada, dan (4) memperbaiki penyimpangan dari standar dengan tindakan pembetulan.

Dalam konteks pengawasan satuan pendidikan, dimensi perbaikan lebih ditonjolkan
dibanding dimensi penilaian semata. Hal ini karena proses pendidikan tidak dapat disamakan dengan proses produksi barang/jasa dalam sebuah prusahaan atau penyelesaian pekerjaan pada sebuah proyek. 

Pendidikan mengolah (mentransformasikan)  manusia untuk berubah dan bertambah dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki, sehingga sifatnya lebih abstrak dan tidak mudah diukur secara utuh. Dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan lebih bersifat pembinaan dan bimbingan yang ditujukan pada perbaikan pelaksanaan.

Meski pun demikian, dalam sebuah pengawasan tetap diperlukan adanya instrumen yang disusun dari standar atau kriteria yang ditetapkan. Justru dalam pendidikan yang abstrak itu, melalui instrumen pengawasan target penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan menjadi observable dan measurable (dapat diamati dan diukur). Di sinilah diperlukan kemampuan pengawas satuan pendidikan untuk menyusun atau mengembangkan instrumen pengawasan sebagaimana dimaksud.

Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan  kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu  dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan  untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks  dan untuk  lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan  pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.

Begitu pentingnya peran pengawas sekolah dalam memajukan mutu  pendidikan nasional hingga tak terasa tuntutan dan tanggung jawab yang harus dipikul pengawas sekolah juga menjadi besar pula. Pengawas sekolah dalam tugas pengawasan harus memiliki kecermatan melihat kondisi sekolah, ketajaman  analisis dan sintesis, ketepatan dan kreatifitas dalam memberikan treatment yang diperlukan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan setiap individu di sekolah. Untuk mencapai itu, pengawas harus memiliki instrumen yang dapat dijadikan bahan penilaian bagi guru dan kepala sekolah.

Berikut ini kami bagikan kepada Bapak/Ibu Pengawas Sekolah/Madrasah beberapa instrumen kepengawasan yang bisa digunakan untuk keperluan Manajerial maupun Akademik sbb:

  1. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 1
  2. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 2
  3. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 3
  4. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 4
  5. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 5
  6. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 1
  7. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 2
  8. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 3
  9. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 4
  10. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 5
  11. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 6
  12. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 7
  13. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 8
  14. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 9
  15. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 10
  16. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 11
  17. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 12
  18. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 13
  19. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA KEPALA SEKOLAH 14

Demikian yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua.da

Tinggalkan Balasan