0

Pelatihan Pelatih Asesor 2020 (PPA-2020) BAN S/M Tahap 1 dan 2 Telah Berakhir

BAN S/M telah selesai melaksanakan Pelatihan Pelatih Asesor (PPA) yang diselenggarakan untuk Tahap-1 pada tanggal 12 s.d. 14 Agustus 2020 yang diikuti oleh Anggota BAN-S/M Provinsi yang berada pada zona waktu wilayah barat (WIB) dan 24-26 Agustus 2020 untuk Tahap-2 yang diikuti oleh Anggota BAN-S/M Provinsi yang masuk dalam zona waktu wilayah tengah (WITA) dan zona waktu wilayah timur (WIT) dari seluruh Anggota BAN-S/M Provinsi dan Asesor dari 34 Provinsi Se-Indonesia

Ketua BAN S/M Dr. Toni Toharudin, M.Sc. dalam kata pengantarnya mengatakan bahwa Fokus PPA tahun 2020 ini adalah:

  1. membekali peserta dengan konsep dasar pengembangan instrumen akreditasi dan kebijakan reformasi sistem akreditasi dan
  2. menyamakan persepsi tentang Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan yang akan diberlakukan mulai tahun 2020 (selanjutnya disebut IASP 2020)

Pengembangan IASP 2020 menggunakan asumsi bahwa penilaian performance-based (principles-based) lebih baik dibandingkan penilaian compliance-based (ruler-based). Penilaian performance-based dalam IASP 2020 terdiri 4 (empat) komponen, yaitu: (1) mutu lulusan, (2) proses pembelajaran, (3) mutu guru, dan (4) manajemen sekolah/madrasah. Untuk penilaian compliance-based juga terdiri 4 (empat) komponen, yaitu: (1) isi kurikulum, (2) sarana dan prasarana, (3) pembiayaan , dan (4) penilaian.

Peserta PPA 2020 yang lulus nantinya diharapkan benar-benar dapat melatih seluruh asesor BAN S/M Provinsi di daerahnya masing-masing dengan baik dan benar, agar tidak menyimpang dari apa yang diharapkan sesuai arahan BAN S/M, yaitu Seorang asesor dituntut untuk:

  1. Memiliki persamaan persepsi tentang substansi IASP 2020
  2. Memahami petunjuk teknis pengisian IASP 2020;
  3. Memahami cara menggali data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen;
  4. Membuat professional judgement untuk pembuktian capaian kinerja satuan pendidikan.

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

Berikut ini kami bagikan beberapa dokumen yang mungkin akan diperlukan asesor pada pelaksanaan pelatihan asesor di BAN S/M Provinsi sebagai berikut :

Demikian dulu yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu para asesor yang sedang berjuang mengikuti pelatihan. Salam Sehat !

Tinggalkan Balasan