0

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH 2019

Tugas pengawas sekolah adalah melaksanakan pembinaan dan penilaian teknik dan administratif pendidikan terhadap sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Tugas ini dilakukan melalui pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. Supervisi oleh pengawas sekolah meliputi supervisi manajerial yang berhubungan dengan aspek pengelolaan dan administrasi sekolah, dan supervisi akademik yang berhubungan dengan aspek pelaksanaan proses pembelajaran. Supervisi akademik dilakukan oleh pengawas sekolah, terhadap guru pada sekolah binaan atau kelompoknya.

Instrumen Supervisi Akademik ini disusun sebagai acuan bagi para pengawas Sekolah dalam melaksanakan pengamatan proses pembelajaran, baik untuk pembinaan maupun penilaian.

Ada dua macam format Instrumen Supervisi yaitu:

  1. Instrumen Supervisi “Kunjungan Kelas (Umum)” digunakan untuk supervisi akademik terhadap semua mata pelajaran tanpa memperhatikan latar belakang pendidikan dari pengawasnya.
  1. Instrumen Supervisi “Supervisi klinis (Khusus)” digunakan untuk supervisi akademik mata pelajaran tertentu dengan pengawas yang berlatar belakang sama/serumpun dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang disupervisi.

Namun pada kesempatan ini kami masih mengupload Instrumen Supervisi Kunjungan Kelas (Umum) saja. Diharapkan dengan adanya Instrumen Supervisi ini para pengawas sekolah yang ditugasi sebagai penyelia dapat lebih efektif melaksanakan pengamatan pembelajaran dalam rangka pembinaan profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berikut ini Instrumen Supervisi Akademik yang bisa didownload :

  1. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 1 KLIK DISINI
  2. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 2 KLIK DISINI
  3. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 3 KLIK DISINI
  4. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 4 KLIK DISINI
  5. INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA GURU 5 KLIK DISINI

Baca Juga : Instrumen Supervisi Akademik Pengawas Sekolah

Demikian dulu instrumen yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat !

Iklan

Tinggalkan Balasan