0

DISDIK PROVSU GELAR WEBINAR LIVE SERIES “BIMTEK KEPENGAWASAN DI ERA NEW NORMAL”

Di masa pandemi Covid-19 ini, dimana kita telah memasuki era kenormalan baru, sangat sulit bagi pengawas sekolah untuk melakukan kegiatan kepengawasan secara langsung (tatap muka) bertemu langsung dengan rekan sesama Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru Binaan. Belum lagi keadaan di Provinsi Sumatera Utara mengalami mengalami peningkatan cukup tinggi dengan adanya penambahan sebanyak 195 orang dalam sehari yang terpapar covid-19.

Mengingat pentingnya menyikapi situasi kejadian yang luar biasa ini Korwas Dikmen Sumatera Utara bekerjasama dengan Disdik ProvSU melaksanakan Webinar Live Series selama 3 (tiga) hari berturut-turut mulai 12 s.d. 14 Agustus 2020 dengan mengusung tema: “BIMTEK KEPENGAWASAN DI ERA KENORMALAN BARU (NEW NORMAL)” melalui aplikasi Zoom Meeting.

Bimtek yang dilaksanakan secara daring tersebut di ikuti kurang lebih dari 200 peserta setiap harinya. Hari pertama pelaksanaan Bimtek di buka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Lasro Marbun sekaligus sebagai pembicara utama (keynote speaker) yang dipandu oleh Moderator Dr. Suhendri. Turut hadir pada pelaksanaan webinar tersebut Sekretaris Disdik , Kabid PTK, Kabid SMA, dan Kabid SMK yang masing-masing memaparkan materi terkait bidangnya serta kebijakan kepengawasan di Provinsi Sumatera Utara.

Disamping itu panitia juga menghadirkan narasumber/pembicara dari Widyaiswara LPPKS-PS Solo Bapak Drs. Yuli Cahyono,M.Pd yang menyampaikan materi seputar Kepengawasan di Era Kenormalan Baru yang dipandu oleh Jon Depri sebagai moderator dan di akhiri dengan sesi tanya jawab yang berdurasi selama 3 (tiga) jam lebih. Dra. Rivolan Priyanti Ph., M.Pd. selaku Ketua Umum Panitia Webinar Live Series menyampaikan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk menyamakan persepsi Pengawas Sekolah Dikmen Provinsi Sumatera Utara yaitu pengawas SMA dan SMK dalam melaksanakan tugas kepengawasannya di era kenormalan baru.

Hari kedua pelaksanaan webinar tampil sebagai pembicara pertama Bapak Drs. Budiman Manurung, M.Pd. T. yang menyampaikan materi tentang Penyusunan Program kepengawasan di era new normal dan dilanjutkan Bapak Nazaruddin, M.Hum. yang menyampaikan materi tentang Pendampingan Akademik dan Manajerial di era kenormalan baru sebagai pembicara kedua yang dipandu oleh Moderator Jon Depri dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Pelaksanaan webinar pada hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan webinar live series yang dipandu Moderator Drs. Salon Sinaga, M.Si tampil sebagai pembicara pertama Bapak Drs. Nurman, M.Pd.. yang menyampaikan materi tentang Penyusunan Instrumen kepengawasan di era kenormalan baru dan dilanjutkan oleh pembicara kedua Bapak Drs. Marnaek Nainggolan, M.Si. yang menyampaikan materi tentang Penyederhanaan Laporan kepengawasan di era kenormalan baru . Selesai sesi tanya jawab diadakan evaluasi pelaksanaan webinar yang disampaikan Ketua Umum panitia Webinar Live Series Dra. Rivolan Priyanti Ph., M.Pd.

Secara umum peserta merasa puas dengan pelaksanaan webinar ini dan mereka berharap dapat dilanjutkan lagi dengan topik/tema lain terutama peningkatan kemampuan pengawas menggunakan aplikasi IT yang dapat membantu mereka dalam pembinaan dan pelatihan guru dan/atau kepala sekolah binaan di tempat mereka bertugas.

Berikut ini kami bagikan materi webinar yang disampaikan oleh Narasumber pada tanggal 12-14 Agustus 2020 sebagai berikut:

Instrumen Kerja pengawas Sekolah

Materi Bpk Drs Numan,M.Pd

Instrumen Pemantauan

Instrumen Penilaian Laporan Pelaksanaan PJJ

LAPORAN PENGAWAS SMK DS MASA COVID-19

PROGRAM KEPENGAWASAN MASA COVID-19

MONEV COVID

Demikian dulu yang bisa kami bagikan semoga bisa di sesuaikan/revisi dan berharap atas masukan untuk perbaikan kedepan, semoga dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu pengawas dalam melaksanakan tugas kepengawasan di sekolah binaan masing-masing .Viva

Tinggalkan Balasan