Blog

INDEKS PEMENUHAN MUTLAK (IPM) DAN INDEKS PEMENUHAN RELATIF (IPR) S/M

ASESMEN KECUKUPAN SASARAN AKREDITASI

Penetapan sekolah/madrasah yang akan divisitasi didasarkan pada luaran dashboard monitoring system (DMS) milik BAN S/M yang menyatakan sekolah/madrasah turun secara mutu, pengajuan akreditasi ulang dan laporan masyarakat. Setelah ditetapkan sasaran akreditasi, maka asesor yang akan ditugaskan dapat melakukan asesmen kecukupan untuk menilai kelayakan visitasi. Setelah dilakukan asesmen kecukupan, maka selanjutnya BAN-S/M provinsi menetapkan dan menugaskan asesor untuk melakukan visitasi ke sekolah/madrasah sasaran.

Penilaian pada akreditasi sekolah/madrasah menggunakan IASP-2020 ini dapat dibagi menjadi 2 bagian yang dinilai yaitu:

1. Pemenuhan administrasi (compliance) terdiri dari Indikator Compliance Mutlak (ICM)/Indikator Pemenuhan Mutlak (IPM) dan Indikator Compliance Relatif (ICR)/Indikator Pemenuhan Relatif (IPR) yang memiliki porsi 15%

2. Penilaian kinerja (performance) yang memiliki porsi 85% didasarkan pada empat komponen yaitu:

a. Mutu lulusan (30%)
b. Proses pembelajaran (25%)
c. Mutu guru (15%)
d. Manajemen sekolah/madrasah (15%)

Asesmen kecukupan adalah proses penilaian kecukupan terhadap sekolah/madrasah yang meliputi:

  1. Indikator Pemenuhan Mutlak (IPM),

2. Indikator Pemenuhan Relatif (IPR),

3. Data Isian Akreditasi (DIA), dan

4. Kelengkapan Dokumen yang diunggah (DU)

Setiap sekolah/madrasah dilakukan asesmen kecukupan oleh 2 orang asesor. Pada Asesmen kecukupan Asesor 1 dan Asesor 2 harus melakukan cross check IPM, IPR, DIA dan Data Unggahan kesekolah sasaran visitasi dengan memeriksa sispena Asesor dan melakukan konfirmasi kepada pihak sekolah (Kepsek/Tim Akreditasi Sekolah) agar mereka memastikan bahwa data yang diisikan sudah lengkap dan benar (sesuai DAPODIK/EMIS update terbaru).

Berikut contoh asesmen kecukupan yang sudah diperiksa dan ditandatangani asesor

Menu Asesmen Kecukupan

Selanjutnya akan tampil list asesmen kecukupan pada sispena, yang di dalamnya menampilkan Data Sekolah/Madrasah, IPM, IPR, DU (Dokumen Unggahan), DIA (Data Isian Akreditasi), dan menu Berita Acara Asesmen Kecukupan.

Menu IPM (Indikator Pemenuhan Mutlak)

Klik pada menu IPM untuk menampilkan Indikator Pemenuhan Mutlak yang dimiliki oleh Sekolah/Madrasah.

Terdapat 4 IPM yang harus dipenuhi oleh Sekolah/Madrasah sasaran akreditasi:

  1. Memiliki Izin Operasional.

2. Pernah meluluskan siswa atau memiliki siswa tingkat akhir.

3. Menyelenggarakan alokasi waktu proses pembelajaran sesuai kurikulum nasional.

4. Menyelenggarakan seluruh mata pelajaran yang diwajibkan sesuai kurikulum nasional di seluruh kelas.

Syarat sebuah sekolah/madrasah (S/M) dapat divisitasi, IPM harus terpenuhi semuanya. Penilaian keterpenuhannya hanya ya atau tidak. untuk IPM ada 5 butir pernyataan yang sama untuk semua jenjang yaitu: Untuk tahun 2020 kemarin dan tahun 2021 ini menurut BAN S/M untuk butir pernyataan 2 yaitu Kepala sekolah/madrasah memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah boleh tidak terpenuhi, karena masih banyak sekolah-sekolah yang kepala sekolahnya belum memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah sementara sekolahnya telah habis masa berlaku akreditasinya.

Menu IPR (Indikator Pemenuhan Relatif)

Sedangkan IPR penilaian keterpenuhan ada rentang skornya yaitu 1, 2, 3 dan 4. IPR ini tergantung pada jenjang sekolah/madrasah, yaitu: SD/MI 8 Butir, SMP/MTs dan SMA/MA 9 Butir, serta SMK/MAK / SLB 10 Butir pernyataan.

Berikut ini contoh IPR

Visitasi Ke Sekolah/Madrasah

Sekolah/madrasah yang telah ditetapkan kelayakannya untuk divisitasi, harus divisitasi oleh asesor yang ditugaskan oleh BAN-S/M provinsi. Visitasi adalah kegiatan verifikasi, validasi, dan klarifikasi data dan informasi yang telah diisi oleh sekolah/madrasah dalam Sispena-S/M melalui wawancara dan observasi terhadap kondisi objektif sekolah/madrasah.

Demikian yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Asesor dan Calon Asesor. Salam Sukses !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *