Blog

SELEKSI NASIONAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SNPMB), SNBP & SNBT TAHUN 2023

A. Apa Itu SBMPTN dan SNPMB?

Bagi adik-adik kelas 12 SMA dan Alumni kamu tidak akan mendapati adanya SNMPTN dan SBMPTN lagi di Tahun 2023 karena Kemendikbudristek telah menggantinya dengan SNPMB (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Klo dulu SBMPTN itu terdiri dua bagian yaitu: SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) untuk Jalur Undangan (Prestasi) dan UTBK ( Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk Jalur Tes, sekarang ini SNPMB dibagi atas 2 bagian, yaitu: SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) untuk Jalur Undangan (Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) untuk Jalur Tes.

B. PENGERTIAN SNPMB

SNPMB merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri di tahun 2023 dapat memilih mekanisme seleksi yang sudah ditetapkan oleh SNMPB-BP3 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan) selaku pihak yang menyelenggarakan seleksi masuk.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan sendiri dibentuk untuk meningkatkan pengelolaan pengujian bidang pendidikan yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel maka melalui Permendikbud 44 tahun 2022.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan atau BP3 mengungkapkan melalui akun Instagram resmi mereka, @snpmb.bp3, mulai tahun 2023, berdasarkan Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022 terdapat 3 jalur bagi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, yaitu:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  3. Seleksi secara Mandiri oleh PTN

Dengan adanya BPPP, maka tugas menyelenggarakan seleksi masuk PTN bagi calon mahasiswa resmi diambil oleh BPPP. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) dengan penjabaran tugas sebagai berikut:

  1. Bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Asesmen Pendidikan.
  2. Menjalankan pengelolaan pengujian pendidikan dengan fungsi berikut:
    a. Penyusunan rencana, program, dan anggaran
    b. Penyusunan teknik dan metode pengujian di bidang pendidikan
    c. Pelaksanaan layanan pengujian di bidang pendidikan
    d. Pengelolaan data dan informasi
    e. Pelaksanaan kemitraan pengujian di bidang pendidikan
    f. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan
    g. Pelaksanaan urusan administrasi
  3. Bertanggung jawab melaporkan kepada Kepala Badan Standar, Kebijakan, dan Asesmen, Pendidikan (BSKAP) dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek serta Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

C. SNBP PENGGANTI SNMPTN

Apa itu SNPB ?

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang didasarkan pada prestasi siswa.

Pada tahun 2022 dan sebelumnya, SNBP dikenal sebagai SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Perlu adik-adik ketahui bahwa materi yang diujikan pada SNBP akan berbeda dengan materi yang diujikan pada SNMPTN.

SNBP adalah seleksi berdasarkan prestasi. Seleksi ini merupakan bentuk penghargaan terhadap kesuksesan pembelajaran menyeluruh di pendidikan menengah bagi calon mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang SMA. Calon mahasiswa bisa mengikuti seleksi ini dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Komponen 1: Minimal 50 persen nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran
  • Komponen 2: Maksimal 50 persen komponen penggali minat dan bakat, yang berasal dari nilai rapor maksimal dua mata pelajaran pendukung dan/atau prestasi dan/atau portofolio untuk program studi seni dan olahraga.

Nantinya, PTN akan menentukan komposisi dari persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100 persen. Begitu juga dengan sub-komponen untuk komponen 2 dan komposisi persentase bobotnya. Penentuan komposisi ini bisa berbeda-beda antar prodi di PTN yang sama.

D. SNBT PENGGANTI UTBK-SBMPTN

APA ITU SNBT ?

SNBT atau Seleksi Nasional berdasarkan Tes merupakan merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang didasarkan pada hasil tes masuk calon mahasiswa baru. Pada tahun sebelumnya, SNBT dikenal sebagai UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Perlu adik-adik ketahui bahwa materi yang diujikan pada SNBT akan berbeda dengan materi yang diujikan pada SBMPTN. Sebab, SNBT mengutamakan pengujian terkait kemampuan penalaran serta Tes Skolastik dan bukan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

SNBT adalah seleksi berdasarkan tes yang berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Jadi, tidak ada lagi tes mata pelajaran. Yang ada berupa tes skolastik yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris dari calon mahasiswa.

E. SELEKSI MANDIRI OLEH PTN

Seleksi mandiri diselenggarakan oleh PTN secara langsung. Namun, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri. Sebelum pelaksanaan seleksi mandiri, PTN wajib mengumumkan, yaitu.

  • Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima di masing-masing prodi
  • Metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri dari tes mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, manfaat nilai dari hasil seleksi, metode penilaian, serta besaran biaya yang dibebankan ke calon mahasiswa yang lulus seleksi

Setelah pelaksanaan seleksi mandiri, PTN wajib mengumumkan, yakni.

  • Jumlah peserta seleksi yang lulus dan sisa kuota yang belum terisi
  • Masa sanggah selama lima hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi
  • Tata cara penyanggahan hasil seleksi

E. AKUN RESMI SNPMB

Untuk mendapatkan informasi terpercaya dari penyelenggaraan SNPMB, termasuk SNBP dan SNBT 2023, adik-adik dapat simak informasinya melalui akun-akun berikut:

  1. Akun resmi Facebook SNPMB: snpmb.bp3
  2. Akun resmi Instagram SNPMB: @snpmb_bp3 dengan alamat https://www.instagram.com/snpmb_bp3/
  3. Akun resmi Tiktok SNPMB: @snpmb_bp3
  4. Akun resmi Twitter SNPMB: @snpmb_bppp dengan alamat https://twitter.com/snpmb_bppp
  5. Akun resmi YouTube SNPMB: snpmb-bppp

F. FREQUENLY ASK QUESTION (FAQ)

Menjelang waktu seleksi penerimaan mahasiswa baru, ada banyak pertanyaan dari calon pendaftar, baik di jalur SNBP maupun SNBT. Berikut ini adalah daftar pertanyaan dan jawaban yang dapat dirangkum dari laman media sosial SNPMB_BP3.

  1. Apakah pendaftar tahun 2023 diizinkan untuk mendaftar lintas jurusan?
    Ya, berdasarkan kebijakan terbaru, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri pada PTN lintas program dari sekolah menengahnya.
  2. Apakah akun instagram @snpmb_bp3 adalah akun resmi SNMPB-BP3?
    Ya, akun tersebut merupakan akun resmi tim seleksi nasional penerimaah mahasiswa baru di bawah naungan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, BSKAP, dan Kemdikbudristek. Namun, akun tersebut memang belum dapat diverifikasi.
  3. Apa saja informasi yang diberikan akun instagram @snpmb_bp3?
    Calon mahasiswa baru dapat memperoleh informasi tentang update mekanisme seleksi, waktu pelaksanaan seleksi, kebijakan terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru, serta konten-konten relevan.
  4. Kapan mekanisme teknis seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 akan dirilis? Berdasarkan informasi resmi, calon mahasiswa baru bisa mendapatkan pembaruan mengenai teknis mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru per 1 Desember 2022.
  5. Apakah Masih Ada LTMPT untuk Seleksi Tahun 2023? Sebagai tambahan informasi, Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2022 dan tahun sebelumnya dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).Namun, untuk Tahun 2023 mekanisme penerimaan mahasiswa baru akan berbeda karena kebijakan Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022.

Demikian dulu informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 yang kami sarikan dari berbagai sumber. Jadi sudah resmi pada tahun 2023, Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) diganti dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sementara Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) diganti dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT). Salam Sukses Selalu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *