0

MATERI TES CPNS 2020

Bagi anda yang akan mengikuti SKD PNS Tahun 2019 perlu membaca kutipan berikut ini :

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 akan diberikan tes terkait radikalisme. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wiraatmaja mengatakan peserta seleksi CPNS akan ditanyakan soal radikalisme.
“Kan seleksi soal CPNS ada dua tahap, satu seleksi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Ini di antaranya ada tes wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan inilah salah satu seleksi yang kita lihat terkait hal ini [radikalisme],” katanya di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.
Pendalaman wawasan kebangsaan juga akan diperkuat bagi peserta yang lulus seleksi. Menurut Setiawan, sebelum diangkat menjadi PNS secara penuh, mereka akan mendapat pendalaman pemahaman saat Pra Jabatan.
Dia menjelaskan, upaya yang dilakukan pemerintah pada seleksi ini guna mengantisipasi masuknya ideologi radikal di tubuh PNS. Pun begitu 11 kementerian lembaga telah menandatangani surat keputusan bersama penanganan radikalisme ASN.
Adapun 11 instansi tersebut mulai dari KemenPAN RB, Kemendagri, Kemenkominfo, Kemendag, Kemendikbud Kemenkumham, Badan Kepegawaian Negara, BNPT, BIN, BPIP dan Komisi ASN. Seluruh instansi ini juga meluncurkan portal aduan bernama aduanasn.id.
“Kembali di dalam UU ASN kan jelas, seorang anggota ASN harus taat pada yang disebutkan, mulai UUD 1945, patuh pada Pancasila, NKRI juga pemerintah, itu bunyinya,” katanya. (sumber : https://bisnis.tempo.co/)

dan yang berikut ini juga :

Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan bahwa soal-soal seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) tahun 2019 akan mengandung pertanyaan terkait radikalisme. Namun, Bima mengakui bahwa jumlah soal terkait radikalisme untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tersebut tidak signifikan. “Akan ada soal seperti itu tapi tidak signifikan. Jadi ini untuk soal-soal TWK, soal-soal tes intelegensia umum, masih standar,” kata Bima di Kantor KemenPANRB, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). Ia pun mengakui bahwa BKN sudah berkeinginan untuk memasukkan soal terkait radikalisme. Baca juga: BKN Pastikan Keamanan Seleksi CPNS 2019, tetapi Khawatir soal Hoaks Namun, BKN memang belum dapat memasukkan banyak soal terkait topik tersebut karena kisi-kisi yang terbatas. BKN pun berencana memperbanyak tes mengenai radikalisme. “Tetapi karena soal TWK ini kisi-kisinya terbatas, jadi yang bisa dimasukkan juga sangat terbatas. Mungkin ke depan kami akan mencoba mengubah kisi-kisi soal TWK ini dengan memasukkan tes-tes mengenai radikalisme,” tuturnya. Kemudian, Bima membicarakan soal-soal untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Menurut dia, bahasa pada soal tes tersebut sudah disederhanakan dibanding proses seleksi CPNS sebelumnya. “Soal-soal tes karakteristik pribadi masih akan juga sama, tapi mungkin dengan bahasa yang sedikit berbeda,” ujar dia. “Kemarin itu bahasanya lebih sulit, sehingga untuk menangkap secara cepat itu agak kesulitan dan jawabannya juga sangat tipis. Mungkin soal-soal tes karakteristik pribadi mudah-mudahan sudah bisa lebih jelas,” tutur Bima. Pembukaan rekrutmen CPNS akan dimulai pada 11-24 November 2019. Sebagaimana proses rekrutmen sebelumnya, pendaftaran CPNS dilakukan melalui situs SSCASN milik BKN, www.sscasn.bkn.go.id.
Sumber : https://nasional.kompas.com/

 

Pasal 2 Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019 menegaskan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 meliputi:

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP);

Topik yang sering keluar pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam Tes Seleksi CPNS diantaranya: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (meliputi sistem tata negara Indonesia baik pemerintah pusat dan daerah, sejarah perjuangan bangsa, serta peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global) ditambah soal terkait radikalisme. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah bagian dari Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang seringkali dianggap paling sulit karena biasanya banyak peserta seleksi penerimaan CPNS gagal mencapai skor yang memenuhi standar minimal kelulusan (passing grade).

2. Tes Intelegensia Umum (TIU); dan

Topik yang sering keluar pada Tes Intelegensia Umum (TIU) dalam Tes Seleksi CPNS diantaranya: Penalaran Verbal, Penalaran Numerikal, Penalaran Logika, dan Penalaran Analitis.
Penalaran Verbal
Kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Meliputi: sinonim, antonim, analogi, dan kelompok kata.
Penalaran Numerikal
Kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Meliputi: aljabar, aritmetika, dan deret.
Penalaran Logika
Kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematik.
Penalaran Analitis
Kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sangat penting karena hasil tes akan mengungkap kelebihan dan kekurangan Anda. Berbeda dengan tes yang lain, TKP tidak memiliki jawaban benar atau salah. Jadi tidak ada nilai nol. Pilihlah salah satu opsi jawaban pada pilihan ganda yang menyatakan sikap Anda dalam menghadapi berbagai macam kondisi yang dipaparkan pada soal.
Topik yang sering keluar pada Tes Karakteristik Pribadi dalam Tes Seleksi CPNS diantaranya:

  1. Integritas diri,
  2. Semangat berprestasi,
  3. Kreativitas dan inovasi,
  4. Orientasi pada pelayanan,
  5. Orientasi kepada orang lain,
  6. Kemampuan beradaptasi,
  7. Kemampuan mengendalikan diri,
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,
  9. Kemampuan dan kemauan belajar terus-menerus,
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta;
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.

Berikut bahan bacaan yang bisa anda baca sebagai latihan persiapan Seleksi Kompetensi Dasar tes CPNS Tahun 2019

  1. Materi TWK klik disini
  2. Materi TIU klik disini
  3. Materi TKP klik disini

 

Iklan

Tinggalkan Balasan