Blog

KOORWAS DISDIKPROVSU DAN TIM KERJA SELENGGARAKAN SEMINAR/WEBINAR NASIONAL

Salam Tranformasi Pendidikan !

Koordinator Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara bersama Tim Kerja Koorwas (TKK) akan menyelenggarakan kegiatan Seminar/Webinar Nasional pada Hari/Tanggal: Sabtu, 7 November 2021. Seminar/Webinar dengan tema; “Transformasi Paradigma Baru Pendidikan” ini rencananya akan dilaksanakan bersamaan secara Luring dan Daring serta Live Streaming via Youtube. Seminar/Webinar ini rencananya akan diikuti oleh 1500 peserta yang terdiri dari Pengawas Sekolah (PS) , Kepala Sekolah (KS), dan Guru se-Sumatera Utara secara daring (Webinar) dan luring (seminar). Peserta Luring akan dibatasi jumlah pesertanya yaitu hanya untuk 200 peserta saja, mengingat kapasitas gedung (Aula Amir Hamzah) yang biasanya 300 orang akan dikurangi 50% (terkait prokes) dan sisanya 50 orang di selasar menggunakan 2 layar proyektor. Disamping itu panitia juga menyediakan fasilitas Live Streaming melalui aplikasi Youtube untuk mengantisipasi lonjakan peserta yang tidak dapat ditampung secara luring (Aula Amir Hamzah) dan melalui aplikasi Zoom Meeting yang menggunakan kuota 1000 partisipan.

Koorwas Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Ibu Dra. Rivolan Priyanti PH., M.Pd. mengingatkan panitia untuk kegiatan luring (Seminar) agar tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yaitu: Jaga jarak, menyiapkan fasilitas Cuci Tangan, Thermo Gun/Standing Thermo Gun, Masker, dan Hand Sanitizer) dan harus melakukan koordinasi dengan Satgas Covid setempat walaupun keadaan Provinsi Sumatera Utara saat ini sudah turun ke PPKM level 1 dari sebelumnya level 2 ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Prof. Drs. Syaifuddin, M.A., P.hD. yang menerima audensi Koorwas dan Tim Kerja menyampaikan kepada panitia bahwa beliau sangat mendukung sepenuhnya kegiatan Seminar/Webinar Nasional yang melibatkan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah yang diselenggarakan Koorwas Disdik ProvSU dan Tim Kerja. Disamping itu beliau juga banyak memberikan usulan, saran, dan pandangan yang sangat berguna untuk kelancaran kegiatan dimaksud. Tolong disampaikan Bapak/Ibu Pengawas Sekolah kepada Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah di sekolah binaan masing-masing agar ikut serta menyukseskan kegiatan tersebut. Beliau dalam pada itu juga mendorong Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru untuk membiasakan menulis artikel, makalah, jurnal, dlsb. untuk pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berguna untuk Kenaikan Pangkat mereka nantinya.

Berikut ini Flyer dan keterangan tentang rencana pelaksanaan (termasuk link pendaftaran) Seminar/Webinar Nasional tersebut.

KOORDINATOR PENGAWAS SEKOLAH (KOORWAS) DAN TIM KERJA KOORWAS (TKK)

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA UTARA

menyelenggarakan Seminar/Webinar Nasional dengan TEMA: “Transformasi Paradigma Baru Pendidikan”

PEMBICARA :

  1. Prof. Drs. Syaifuddin, M.A., P.hD. (Keynote Speaker)-Kepala Dinas Pendidikan Provsu
  2. Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta)
  3. Prof. H. Abdul Munir, M.Pd. (Dosen Universitas Negeri Medan)
  4. Drs. Yuli Cahyono, M.Pd. (Widyaiswara LPPKSPS Solo)

MATERI:

  1. Lokalitas dalam Mendukung Program Sekolah Penggerak.
  2. Paradigma Baru Pendidikan Indonesia melalui Sekolah Penggerak
  3. Paradigma Baru Pendidikan Berbasis Permainan Zoobotani Sastra
  4. Peran Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.

HARI/TANGGAL : Sabtu, 27 November 2021
WAKTU : 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB

TEMPAT :

  1. MODA LURING
    Di Aula Amir Hamzah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara biaya Rp. 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah). Fasilitas: Tas, Kit Seminar, Makalah Seminar, Sertifikat, Snack, Makan siang
    Pendaftaran:
    https://bit.ly/PENDAFTARAN_SEMINAR-WEBINAR_NASIONAL
  2. MODA DARING
    Via Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube (link akan diberikan). Biaya Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah). Fasilitas: Sertifikat, Makalah Seminar
    Pendaftaran:
    https://bit.ly/PENDAFTARAN_SEMINAR-WEBINAR_NASIONAL (Pribadi) dan https://bit.ly/PENDAFTARANKOLEKTIF_SEMINAR-WEBINAR_NASIONAL (Kelompok/Kolektif)

PENERBITAN PROSIDING SEMINAR (ber-ISSN(International Standard Serial Number)) dan JURNAL (terakreditasi)
Panitia juga menyertakan penerbitan Prosiding Seminar berupa Makalah Gagasan Ilmiah dari peserta yang berkenan mengirimkan naskahnya. Biaya Rp. 300.000. (Tiga ratus ribu rupiah)
Pendaftaran:
https://bit.ly/pendaftaran_prosiding2021

Tata cara penulisan naskah Prosiding Seminar:
https://bit.ly/tatacara_naskahprosiding_2021

Selain penerbitan Prosiding Seminar Nasional, Panitia juga menyertakan penerbitan Jurnal berupa hasil penelitian. Peserta yang berkenan mengirimkan hasil penelitiannya. Biaya Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah)
Pendaftara dan Tatacara pengiriman bahan Jurnal:
https://bit.ly/daftar_naskah_jurnal2021

PESERTA SEMINAR/PENULIS PROSIDING/PENULIS JURNAL:

  1. Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB Negeri/Swasta
  2. Kepala PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB Negeri/Swasta
  3. Pengawas SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Penilik PAUD dan TK
  4. Dosen/Widyaiswara

REKENING PENDAFTARAN:
Biaya Seminar, Prosiding, atau Jurnal dapat ditransfer ke Rekening:
No.Rek: 0336-01-082898-50-3
Bank BRI, atas nama RIVOLAN PRIYANTI PUJI

INFORMASI LEBIH LANJUT/NARAHUBUNG:

  1. Drs. Carles Manurung, MM HP. 08126455278
  2. Ir. Moria, M.Pd. HP. 081361282630

Medan, November 2021


Ttd.


PANITIA SEMINAR/WEBINAR NASIONAL
Irwansyah Nur, S.Pd, M.Si (Ketua)
Togi P.S Pasaribu, S.Pd, M.Si (Sekretaris)