Blog

CONTOH TES PSIKOLOGI POLRI TERBARU

Apa itu psikotes?

Tes psikologi atau sering juga disebut sebagai psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Apa tujuan psikotes?

Untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan mental, kepribadian, tingkat intelengensi (IQ), hingga kekuatan dan kelemahan seseorang melalui berbagai tolok ukur yang dijabarkan lewat materi tes psikologi

Berapa lama waktu tes psikotes?

Dilansir dari Verywell Mind, pada umumnya seseorang bisa mengerjakan soal pilihan ganda dalam kurun waktu 30-60 detik. Kendati demikian, setiap soal pasti memiliki jenis yang berbeda-beda. Untuk soal Psikotes waktu pengerjaan bergantung dari jenis soalnya dan biasanya sekitar 30-50 detik

Berapa nilai minimal psikotes polri?

Dalam sistem penilaian tes psikologi Polri maupun TNI nilai diwujudkan dalam skala 0 sampai 100. Nilai psikologi dinyatakan memenuhi syarat (MS) adalah 61 ke atas, dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah 60 ke bawah.

Bagaimana cara lulus psikotes?

  1. Mulailah dengan Melihat Soal Psikotes.
  2. Kecepatan Diri (Pace Yourself)
  3. Jangan Lewati Sekitar.
  4. Gunakan Proses Eliminasi.
  5. Baca Setiap Pertanyaan Dengan Seksama.

Bagaimana jenis soal psikotes POLRI?

BAGIAN 1

Sinonim, Antonim, Hipernim, Analogi

BAGIAN 2

Deret Angka,  Deret Huruf, Hitung  Cepat

BAGIAN 3

Aritmatika  Sosial, Logika Analitis

BAGIAN 4

Perbandingan,  Penalaran Gambar, Penarikan  Kesimpulan

BAGIAN 5

Angka, Huruf,  dan  Simbol  Hilang

BAGIAN 6

Angka, Huruf, dan Simbol Acak

BAGIAN 7

Tes Minat EPPS dan  Pernyataan “Ya/Tidak”

BAGIAN 8

Pernyataan “SS/S/R/TS/STS”, Pernyataan Frekuensi Waktu

Demikian dulu tentang materi tes psikologi polri yang bisa kami bagikan kepada adik-adik para pejuang. Sekali lagi ini hanya prediksi yang kami kutip dari berbagai sumber dan kami sarikan seperti di atas, semoga bermanfaat bagi kalian semua dalam menghadapi tes yang sebenarnya/sesungguhnya. Salam Komando !