Blog

CONTOH SOAL TES CALON ASESOR BAN S/M TAHUN 2021 (VIRAL)

Pelaksanakan ujian bagi calon asesor S/M akan dilaksanakan serentak di 26 Provinsi pada hari Sabtu, 24 April 2021 dan Minggu, 25 April 2021. BAN­ S/M akan melaksanakan rekrutmen calon asesor yang terstandar untuk memenuhi kebutuhan asesor yang bermutu, profesional dan memiliki sikap dan kepribadian yang terpuji, serta memiliki keterampilan menggunakan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena).

Namun belum banyak dikalangan calon asesor yang mengetahui apa dan bagaimana materi yang akan diujikan nanti, sebab jika dibandingkan dengan proses UKA (uji kompetensi asesor) tahun 2021 memiliki perbedaaan waktu yang sangat signifikan. Setelah mendengar dan berdiskusi dengan berbagai sumber maka dapat kami simpulkan bahwa materi tes calon asesor 2021 terdiri dari 4 bagian, yaitu:

  1. Kepribadian
  2. Integritas
  3. Tes Potensi Akademik
  4. Sistem Penjaminan Mutu

Berikut kami akan mengulas tentang keempat hal di atas sebagai berikut :

  1. KEPRIBADIAN
Tes psikologi adalah ujian terhadap mental seseorang agar mengetahui karakter sebenarnya dari orang tersebut. Tes psikologi yang paling populer saat ini adalah Indikator Tipe Myer-Briggs (MBTI). Pemeriksaan kepribadian ini dilakukan atas dasar setiap orang memahami dunia melalui sensasi, intuisi, perasaan, dan pemikiran. Berikut ini akan kami sajikan beberapa link tes kepribadian untuk mengetahui karakter seseorang yaitu :
  1. https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian
  2. http://fumacrom.com/26vb
  3. http://fumacrom.com/29eg

2. INTEGRITAS

Integritas adalah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu, “integer” yang artinya utuh dan lengkap. Oleh karena itu, integritas memerlukan perasaan batin yang menunjukkan keutuhan dan konsistensi karakter. Dalam pengertian singkat, integritas artinya konsep konsistensi tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, harapan dan hasil.

Berdasarkan kamus kompetensi perilaku KPK, yang dimaksud dengan integritas adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan tingkah lakunya sesuai nilai-nilai yang dianut (nilai-nilai dapat berasal dari nilai kode etik di tempat dia bekerja, nilai masyarakat atau nilai moral pribadi).

pengertian integritas berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Integritas dalam KBBI adalah suatu mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan satu kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan serta kejujuran. 

Contoh Integritas : Selalu bisa menepati janjinya. Tidak memiliki sifat plin-plan. Memiliki sebuah komitmen dan rasa tanggung jawab. Berpegang teguh pada prinsip dan nilai-nilai yang diyakini.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa link tes Integritas sbb :

  1. http://fumacrom.com/2PAd

3. TES POTENSI AKADEMIK (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang agar memenuhi standar yang diten­tukan oleh lembaga tertentu.

Untuk dapat menyelesaikan soal TPA dengan baik, seseorang yang akan mengikuti tes tersebut harus mempersiapkannya dengan baik. Alasannya, soal tes akan dikerjakan dalam durasi waktu yang sangat terbatas, yaitu 45 detik sampai 1 menit. Padahal, jumlah butir soal yang harus dikerjakan sangat banyak. Oleh karena itu, diperlukan strategi khu­sus untuk menyelesaikannya. Di samping itu, peserta tes juga perlu berlatih dan belajar dengan soal serta materi tes yang sering diujikan dalam TPA. Peserta tes akan lulus ujian TPA jika dapat mencapai nilai tertentu yang telah distandarkan oleh instansi atau lembaga yang peserta tes tuju.

TesTPA secara umum dibagi dalam 3 subtes utama, yaitu tes verbal, tes kuantitatif, dan tes penalaran. Dalam setiap subtes biasanya terbagi atas beberapa jenis tes lagi.

  1. TES VERBAL ( Waktu Pengerjaan 30 detik / soal )
  • PADANAN KATA/SINONIM
  • LAWAN KATA
  • ANALOGI
  • PEMAHAMAN WACANA DLL.

2. TES KUANTITATIF ( Waktu Pengerjaan 60 detik / soal )

  • DERET ANGKA
  • ARITMETIKA
  • KONSEP ALJABAR
  • TES NUMERIK
  • KECEPATAN BERHITUNG
  • PERBANDINGAN KUANTITATIF DLL.

3. TES PENALARAN ( Waktu Pengerjaan 60 detik / soal )

  • PENALARAN LOGIS
  • PENALARAN DIAGRAM
  • PENALARAN ANALITIS
  • PENALARAN SERIAL
  • PENALARAN IDENTIFIKASI
  • PENALARAN GAMBAR DLL.

Ingin mendownload Materi TPA lengkap cari di DISINI

4. SISTEM PENJAMINAN MUTU (SPMI/SPME)

Mutu adalah ukuran relatif dari kebendaan. Mendefinisikan mutu dalam rangka kebendaan sangat umum sehingga tidak menawarkan makna oprasional. Secara oprasional mutu produk atau jasa adalah sesuatu yang memenuhi atau melebihi ekspektasi pelanggan. Sebenarnya mutu adalah kepuasan pelanggan.

Penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) memperoleh kepuasan.

Permendiknas No. 28 Tahun 2016 menjelaskan detail bagaimana konsep dan sistem penjaminan mutu dilaksanakan. Penjaminan Mutu Pendidikan adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu.

Siklus SPMI terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) pemetaan mutu, (2) penyusunan rencana pemenuhan mutu, (3) pelaksanaan pemenuhan mutu, (4) monitoring dan evaluasi, dan (5) penyusunan strategi pemenuhan mutu baru. Setiap tahapan tersebut perlu dipahami dengan baik oleh TPMPS.

Namun menurut pengamatan kami, soal-soal yang akan diujikan masih terkait dengan BAN S/M dan IASP 2020 mulai dari regulasi SPM, Akreditasi Fungsi, manfaat, tujuan, Prinsip, Norma dlsb, Komponen, Sub Komponen, Indikator /Butir yang terkait dengan IASP 2020 serta berkaitan dengan visitasi dan ruanglingkup asesor itu sendiri.

selengkapnya bisa didownload Disini

Baca Juga : STRATEGI JITU AGAR LULUS UJI KOMPETENSI ASESOR S/M TAHUN 2020

Demikian dulu yang bisa kami bagikan buat Bapak/Ibu calon Asesor BAN S/M semoga semua usaha yang dilakukan dapat membuahkan hasil maksimal yang sudah tentu disertai permohonan dan doa kepadaNya, Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *