0

MATERI PENGUATAN KEPALA SEKOLAH 2019-2020

Gelombang peradaban keempat yang saat ini dikenal dengan era pendidik 4.0 memaksa kita menyesuaikan seluruh kerangka sendi dan perangkat kerja pada setiap segmen kehidupan, termasuk pengelolaan sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat menuntut kepala sekolah untuk mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan. 

Inovasi menjadi kunci paling utama di era industri 4.0 yang menuntut kepala sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Peserta didik yang berkualitas merupakan keluaran (output) dari sistem persekolahan yang baik. Kepala sekolah menjadi aktor utama yang mengelola masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). 

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah peningkatan kompetensi kepala sekolah yang mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya adalah membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.

Penguatan Kepala Sekolah dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah. Untuk dapat menjadi manajer sekaligus pemimpin yang baik, seorang kepala sekolah harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya sebagai pemimpin perubahan dan pemimpin pembelajaran di sekolah,memiliki jiwa kewirausahaan, serta mampu mengajak seluruh warga sekolah berpartisipasi aktif untuk mewujudkan visi -misi sekolah.

Berikut ini kami bagikan bahan bacaan yang bisa Bapak/Ibu pelajari isinya, dengan harapan bisa diterapkan di unit kerja masing-masing sebagai berikut:

01.   Teknik Analisis Manajemen

02.   Pengembangan Rencana Kerja Sekolah

03.   Pengelolaan Keuangan

04.   Pengelolaan Kurikulum

05.   Pengelolaan Sarana Prasarana

06.   Pengelolaan Peserta Didik

07.   Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

08.   Supervisi dan PK Guru

09.   Supervisi dan PK Tendik

10.   Rencana PKB

11.   Kepemimpinan Perubahan

12.   Pengembangan Kewirausahaan

13.   Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 SNP 

Demikian dulu yang bisa kami bagikan, selamat membaca ! semoga bermanfaat

sumber : LPPKS Solo

 

Iklan

Tinggalkan Balasan