BIMBELNYA PARA JUARA
Iklan
BIMBELNYA PARA JUARA

SOAL SKD KEDINASAN 2019

Sekolah Kedinasan Tahun 2019

Bagi kamu yang akan mengikuti ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sekolah kedinasan tahun 2019 harus tahu aturan main seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

A. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Setiap peserta harus mengerjakan 100 soal SKD yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal,  dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal, berikut penjelasannya:

  1. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945,  Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
  2. TIU (Tes Inteligensia Umum) untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Kedua, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Ketiga, kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Keempat, kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. 
  3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi ) mencakup : pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi. Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

B. Pedoman Penskoran SKD

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Untuk soal TKP tidak ada jawaban yang salah skor soal mulai dari 1,2,3,4, dan 5. Skor 1 untuk yang rendah tingkat kematangannya dan skor 5 untuk yang tinggi

SKOR SKD 2018 (PASSING GRADE (PG) / NILAI AMBANG BATAS)

TWK   = 35 SOAL     = 175 SKOR     PG = 75     MINIMAL BENAR 15 SOAL

TIU     = 30 SOAL     = 150  SKOR    PG = 80     MINIMAL BENAR 16 SOAL

TKP    = 35 SOAL     = 175 SKOR     PG = 143   MINIMAL BENAR 29 SOAL

Berikut ini kami bagikan soal-soal SKD yang dapat dijadikan ajang latihan untuk menghadapi ujian sekolah kedinasan tahun 2019 sbb :

  1. Soal SKD Lengkap 100 Soal klik disini
  2. Pancasila (TWK) klik disini
  3. UUD dan Pasal-pasal (Amandemen) klik disini
  4. Soal Sejarah Nasional Indonesia klik disini
  5. Kumpulan Soal Penalaran Logis klik disini
  6. Kumpulan Soal Tes Inteligensia Umum (TIU) klik disini
  7. Modul sejarah 1 klik disini
  8. Modul sejarah 2 klik disini
  9. Modul sejarah 3 klik disini
  10. Modul sejarah 4 klik disini
  11. Modul sejarah 5 klik disini
  12. Modul sejarah 6 klik disini
  13. Modul sejarah 7 klik disini
  14. Modul sejarah 8 klik disini
  15. Modul sejarah 9 klik disini
  16. Modul sejarah 10 klik disini
  17. Modul sejarah 11 klik disini

password : pascaldaddy512

Demikian dulu yang bisa kami upload semoga bermanfaat. Salam Edukasi !

 

Iklan

pascaldaddy512

I am a Superintendent School in North Sumatera Province working area of Medan City

Tinggalkan Balasan

Close Menu
BIMBELNYA PARA JUARA
%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas