BIMBELNYA PARA JUARA

Blog

PENERIMAAN SIMAK-UI TAHUN 2019

Tentang Simak

Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Bagi siswa/i yang berasal SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang sudah memiliki ijasah Paket C atau mendapatkan sertifikasi A LevelIB Diplomaatau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UN (Ujian Nasional).

Apakah SIMAK UI adalah jalur mandiri?

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

Berapa biaya kuliah yang harus dibayar jika diterima melalui SIMAK UI?

Biaya pendidikan ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima. Mengingat belum ada biaya pendidikan 2019 yang dapat ditampilkan, sementara ini dapat melihat biaya pendidikan tahun sebelumnya disini.

Silakan ikuti panduan pendaftaran yang tertera di web https://penerimaan.ui.ac.id
  1. Foto terbaru. Misalnya, jika saat ini anda berjilbab, maka foto yang diupload adalah foto berjilbab dan saat ujian nanti juga berjilbab.
  2. Foto berwarna
  3. Ukuran minimal 400 x 600 pixel
  4. Foto hanya menampakkan wajah sampai bahu (pasphoto) dengan menghadap ke depan

Foto yang diupload otomatis crop tampak wajah 80%, untuk mengidentifikasi kesesuaian peserta ujian dengan data pendaftaran peserta.

Program Studi apa saja yang dibuka dan berapa daya tampungnya?

Informasinya dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id pada masa pendaftaran atau lihat daya tampung Vokasi (D3)S1 ParalelS1 Kelas Internasional dengan mengklik tulisan berwarna biru tersebut.

Apa saja persyaratan pendaftaran SIMAK UI?

Mengingat persyaratan pendaftaran tiap periode dapat berubah sesuai dengan kebutuhan prodi, maka persyaratan pendaftaran dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id hanya pada masa pendaftaran.

Apa saja dokumen pendaftaran SIMAK UI?

  • SIMAK UI Profesi, Spesialis, S2, S3, S1 Ekstensi lulusan D3
    • Salinan/copy ijasah yang telah dilegalisasi
    • Salinan/copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi
      • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib memiliki surat penyetaraan ijasah dari Dikti
      • Untuk peserta yang mencantumkan nilai TPA / TOEFL, wajib memiliki sertifikat TPA / TOEFL
  • SIMAK UI S1 Paralel/Vokasi
    • Tidak ada dokumen pendaftaran
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional
    • Sertifikast TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.

Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md). Jalur masuk Vokasi melalui SIMAK UI.

S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2019 untuk lulusan 2019, 2018, 2017. Lulusan S1 Reguler akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh. Jalur masuk S1 Reguler melalui SIMAK, SBMPTN dan SNMPTN. Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler SIMAK = S1 Reguler SBMPTN = S1 Reguler SNMPTN. Penjelasan biaya pendidikan S1 Reguler dapat dilihat disini.

S1 Paralel memiliki dua jenis kelas:

  • S1 paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI.
  • S1 Paralel untuk lulusan D3, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi. untuk informasi lebih lengkap kunjungi https://penerimaan.ui.ac.id
BIMBELNYA PARA JUARA Skip to content