Blog

KAMUS KOMPETENSI MANAJERIAL

KOMPETENSI MANAJERIAL

Ada 5 (lima) Kompetensi Manajerial, yaitu:

  1. Kemampuan Berpikir (KB)
  2. Mengelola Diri (MD)
  3. Mengelola Orang Lain (MO)
  4. Mengelola Tugas (MT)
  5. Mengelola Sosial Budaya (MSB)

Kisi-kisi penggunaan kode:

  • 0 – 2 = Staf                                      
  • 2 – 3 = Esselon IV
  • 3 – 4 = Esselon III
  • 4 – 5 = Esselon II
  • 5 – 6  =Esselon I
  1. Kemampuan Berpikir (KB)
  • Fleksibilitas Berpikir (FB) : Kemampuan menggunakan berbagai sudut pandang dalam menghadapi tuntutan perubahan. KATA KUNCI: Mampu menggunakan berbagai sudut pandang.
  • Inovasi (Inov) : Kemampuan  memunculkan ide/gagasan dan pemikiran baru  dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja. KATA KUNCI: Mampu membuat ide/gagasan dan pemikiran baru.

Berpikir Analitis (BA) : Kemampuan menguraikan permasalahan berdasarkan informasi yang relevan dari berbagai sumber secara komprehensif untuk mengidentifikasi penyebab dan dampak terhadap organisasi. KATA KUNCI: Mampu menganalisis permasalahan atau mengurai permasalahan

Berpikir Konseptual (BK) : Kemampuan Menghubungkan pola menjadi  hubungan dalam suatu rangkaian informasi untuk membentuk pemahaman baru terhadap informasi tersebut. KATA KUNCI: Mampu  menghubungkan pola  menjadi hubungan suatu informasi

2. Mengelola Diri (MD)

Adaptasi terhadap Perubahan (AtP) : Kemampuan menyesuaikan diri terhadap perubahan sehingga  tetap dapat mempertahankan efektivitas kerja. KATA KUNCI: Mampu menyesuaikan terhadap perubahan situasi dalam lingkungan kerja.

Integritas (Int) : Kemampuan bertindak secara konsisten dan transparan dalam segala situasi dan kondisi sesuai dengan nilai-nilai, norma atau etika yang berlaku di lingkungan kerja. KATA KUNCI: Mampu bertindak  secara konsisten.

Keuletan (Keu) : Kemampuan  untuk mau bekerja  keras dan tidak mudah putus asa dalam berusaha mencapai tujuan dan mampu mempertahankannya. KATA KUNCI : Mampu  bekerja keras dan tidak mudah putus asa

Pengendalian Diri (PD) : Kemampuan untuk mengendalikan diri pada saat menghadapi masalah yang sulit, kritik dari orang lain atau pada saat bekerja di bawah tekanan dengan sikap yang positif. KATA KUNCI : Mampu mengendalikan diri pada saat bekerja dibawah tekanan.

Komitmen terhadap Organisasi (KtO) : Kemampuan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan  kepentingan organisasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi. KATA KUNCI: Mampu menyelaraskan perilaku diri dengan   melibatkan diri dalam kepentingan organisasi.

Inisiatif (Ini) : Kemampuan mengambil langkah-langkah aktif tanpa menunggu perintah untuk tujuan organisasi. KATA KUNCI: Mampu mengambil langkah aktif tanpa menunggu perintah.

Semangat Berprestasi (SB) : Kemampuan untuk selalu  meningkatkan kinerja dengan lebih baik  di atas standar secara terus-menerus. KATA KUNCI: Mampu meningkatkan  Kinerja

3. Mengelola Orang Lain (MO)

Kerja Sama (KS) : Kemampuan menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dengan menjadi bagian dari suatu kelompok  untuk mencapai tujuan unit / organisasi. KATA KUNCI:  Mampu bekerja dalam kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengembangkan Orang Lain (MOL) : Kemampuan melakukan upaya untuk mendorong pengembangan potensi orang lain agar dapat bekerja lebih baik. KATA KUNCI: Mampu mengembangkan potensi orang lain.

Kepemimpinan (Kp) : Kemampuan meyakinkan, mempengaruhi dan memotivasi orang lain dengan tujuan agar mereka mengikuti dan melaksanakan rencana kerja unit / organisasi. KATA KUNCI: Mampu meyakinkan, mempengaruhi dan memotivasi orang.

Membimbing (M) : Kemampuan memberikan bimbingan dan umpan balik secara teratur terhadap bawahan agar bekerja secara terarah sesuai dengan rencana. KATA KUNCI : Mampu membimbing dan memberikan umpan balik kepada bawahan.

4. Mengelola Tugas (MT)

Berorientasi Pada Pelayanan (BpP) : Kemampuan melakukan upaya untuk mengetahui, memahami, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam setiap aktivitas pekerjaannya.     KATA KUNCI:   Mampu memberikan kepuasan pelanggan.  
Berorientasi Pada Pelayanan (BpP) Kemampuan melakukan upaya untuk mengetahui, memahami, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam setiap aktivitas pekerjaannya.     KATA KUNCI:   Mampu memberikan kepuasan pelanggan.  
Membangun Hubungan Kerja (MHK) Kemampuan menjalin dan membina hubungan kerja dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.   KATA KUNCI: Mampu menjalin dan membina  hubungan kerja.  

Negosiasi (Nego): Kemampuan  untuk menemukan berbagai alternatif dalam rangka membuat kesepakatan dengan mengakomodir kepentingan semua pihak. KATA KUNCI: Mampu membuat kesepakatan yang menguntungkan.

Kewirausahaan (Ke) Kemampuan  mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru untuk memberdayakan organisasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.   KATA KUNCI : Mampu memberdayaan Organisasi

Pencarian Informasi (PI) : Kemampuan mengumpulkan data/informasi yang dibutuhkan secara sistematik untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pekerjaan dan pengambilan keputusan. KATA KUNCI : Mampu menggali berbagai data/informasi secara sistimatik

Perhatian  terhadap Keteraturan (PtK)   Kemampuan untuk memastikan/mengurangi ketidak pastian khususnya berkaitan dengan penugasan, kualitas, dan ketepatan/ketelitian data serta informasi di trmpat kerja   Kata Kunci : Mampu melaksanakan keteraturan sesuai dengan standar pekerjaan

Komunikasi Lisan (Komlis) : Kemampuan menyampaikan pendapat/ ide/ informasi secara lisan dengan menggunakan kata/kalimat yang mudah dimengerti. KATA KUNCI: Mampu berkomunikasi lisan yang mudah dimengerti.

Komunikasi Tertulis (Komtul) : Kemampuan menyampaikan pendapat/ide/informasi secara jelas dengan menggunakan tulisan dan tata bahasa dengan baik dan benar. KATA KUNCI: Mampu menyampaikan gagasan yang mudah diterima pembaca.

Pengambilan Keputusan (PK) : Kemampuan mengambil tindakan secara cepat dan tepat dengan mempertimbangkan dampak serta bertanggung jawab dengan keputusannya. KATA KUNCI: Mampu bertindak cepat dan tepat dalam keputusan

Pengorganisasian  (P) : Kemampuan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan agar berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. KATA KUNCI : Mampu mengkoordinasikan kegiatan

Perencanaan (Per) : Kemampuan menyusun rencana kerja yang spesifik, realistis, dan terukur sesuai dengan visi, misi dan tujuan jangka panjang organisasi. KATA KUNCI:  Mampu menyusun rencana kerja.

Manajemen Perubahan (MP) : Kemampuan mengelola sumber daya untuk menghadapi tuntutan perubahan dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan kinerja yang lebih baik. KATA KUNCI: Mampu merespon dinamika perubahan.

Berorientasi pada Kualitas (BpK) : Kemampuan melaksanakan tugas-tugas dengan mempertimbangkan semua aspek pekerjaan secara detil untuk mencapai mutu yang lebih baik. KATA KUNCI: Mampu mencapai mutu pada semua aspek pekerjaan.

Manajemen Konflik (MK) : Kemampuan mengambil langkah-langkah untuk mengelola perselisihan menuju arah yang  produktif. KATA KUNCI: Mampu penyelesaian konflik.

5. Mengelola Sosial dan Budaya (SB)

Tanggap Terhadap Pengaruh Budaya (TPB) : Kemampuan menghargai keragaman budaya dan perbedaannya yang menjadi latar belakang individu pegawai dan lingkungan masyarakat di sekitarnya. KATA KUNCI : Mampu menghargai keragaman budaya pegawai dan lingkungan masyarakat.

Empati (E) Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami pikiran, perasaan, atau masalah orang lain yang tidak terucapkan atau tidak sepenuhnya disampaikan. KATA KUNCI:  Mampu perduli terhadap orang lain.

Interaksi Sosial (Is) : Kemampuan Membangun kontak atau hubungan timbal balik yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi atau individu, antara kelompok atau antar individu dan kelompok. KATA KUNCI:  Mampu membangun Keterikatan dan Hubungan timbal balik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.