0

CONTOH SOAL TPS DAN PENYELESAIANNYA

TES POTENSI SKOLASTIK (TPS)

CONTOH SOAL TPS UTBK TAHUN 2020

PENALARAN UMUM

Untuk Menjawab Soal Nomor 1-5

Salah Satu objek penelitian para ilmuan dunia yang masih terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi hingga saat ini adalah sumber energi alternatif. Memang hal ini penting untuk dilakukan mengingat sumber energi yang telah digunakan di dunia hingga saat ini belum bisa berkembang dengan baik. Bahkan, beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui juga mulai berkurang. Sementara itu, kebutuhan akan sumber energi baru yang lebih mudah dan efisien semakin meningkat di masyarakat seiring dengan pertambahan populasi manusia dan perkembangan zaman.

Berbagai ide dan penemuan pun mulai bermunculan. Semua itu dilakukan untuk memenuhi tuntutan hidup umat manusia. Salah satu sumber energi alternatif yang bisa diandalkan adalah panel surya (solar cell). Dengan menggunakan energi sinar matahari yang tak terbatas, kita bisa mendapatkan energi listrik langsung pakai sehingga sangat mudah dan efisien.

Panel surya bisa menjadi salah satu sumber energi masa depan. Namun hingga saat ini panel surya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain biaya instalasinya yang masih mahal, energi listrik yang dihasilkan pun relatif kecil. Sehingga untuk menghasilkan energi listrik yang besar, dibutuhkan panel surya dalam jumlah yang besar pula, dan tentunya akan menyita banyak tempat. Panel surya cocok digunakan di daerah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, seperti gurun. Panel surya juga digunakan pada satelit dan stasiun luar angkasa karena intensitas cahaya matahari di luar angkasa jauh lebih besar daripada di bumi.

1. Matahari merupakan sumber energy terbesar bagi bumi yang merupakan benda langit yang dapat menghasilkan cahaya sendiri dengan cara.

A. Melalui sumbu panas

B. Melalui bahan bakar

C. Denganreaksi nuklir

D. Dengan reaksi fusi dan fisi

E. Dengan bantuan bintang di galaksi lain

2. Kata efisien pada paragraph pertama mengandung arti …

A. Sarat makna

B. Tepat guna

C. Tepat sasaran

D. Padat karya

E. Hemat

3. Sumber daya alam terbagi menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui dibedakan berdasarkan …

A. Kecukupan bahannya

B. Ketersediaan nya di alam

C. Ada tidaknya bahan pengganti

D. Lama menghasilkan kembali

E. Produksi alam itu sendiri

4. Yang menjadi penyebab panel surya belum dapat digunakan secara maksimal adalah..

A. Sinar matahari yang terbatas

B. Cuaca yang berubah

C. Biaya pemasangan yang mahal

D. Arus yang tidak stabil

E. Musim yang sering berganti

5. Pembangkit listrik tenaga surya baik digunakan di daerah…

A. Nusa tenggara

B. Bogor

C. Jakarta

D. Puncak (Jawa Barat)

E. Tepian sungai Barito

Selanjutnya untuk melanjutkan soal secara online Klik DISINI

cara mengikuti tes klik link di atas tunggu 10 detik setelah muncul dipojok kanan atas kata LEWATI dan klik LEWATI dan ALLOW , dan akan muncul soal TPS, isi email , nama, no hp dengan benar dan tes siap dimulai.

Baca Juga:

  1. SOAL TES POTENSI SKOLASTIK UTBK 2020
  2. SOAL UTBK 2019
  3. TES BAKAT SKOLASTIK (TBS)

Iklan

Tinggalkan Balasan